Friday, July 23, 2010

Inteletual Publik dan Intelegensia

Saya teringat kepada pernyataan oleh Prof Azumardi Azra yang mengatakan bahwa dalam dunia pendidikan terdapat dua kategori pendidik atau sring disebut dengan intelektual.
Intelektual publik dan intelgensia. Perbedaanya cukup mendasar yaitu jika kita berbicara intelektual publik maka kita akan memasukan unusur politik didalamnya, unsur pendidikan didalamnya, unsur pengembangan di dalamnya dan hal ini terkait dengan melibatkan diri untuk terjun sebagai seorang yang ingin mengembangkan pendidikan nasional khususnya ditempat dia bekerja. Sedangkan intelegensia hal ini terkait dengan personalnya khususnya berkaitan dengan pengajaran. Hal ini berbeda antara satu dengan yang lainya kemudian hal ini menjadikan dua orang inteletual yang saling membantu jika keduanya bergabung dalam satu kampus maka akan tercipta suatu lembaga pendidikan yang sangat kokoh . sebagai contoh intelektual publik menciptakan lembaga yang kokoh karena atas dasar pembangaunan sebuah lembaga sedangkan intelegensia menciptakan individu-individu yang mampu berkompetisi dalam hal maklumat (isi kepala yang diajarkan)

1 comment:

  1. Saya sangat mendukung mengenai pernyaataan anda, dan saya sendiri telah paham mengenai hal dua hal tersebut setelah mendegar penjelasan anda

    ReplyDelete

What is your opinion about this article