Friday, April 6, 2012

Mengapa Manusia butuh Ibadah

             Ibadah berasal dari bahasa Arab berarti sebuah persembahan, orang yang melakukannya dikatakan Aabid. Dalam Q.S al-Dhariyat ayat 56 dikatakan "Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah" makna dari ayat ini bahwa segala makhluk yang mempunyai pikiran diwajibkan untuk Ibadah, akan tetapi untuk siapakah Ibadah tersebut?, tentunya ibadah tersebut untuk makhluk yang melakukannya,apalagi manusia salah satu makhluk yang tercantum dalam ayat tersebut.
Dalam kehidupan sosial manusia memang makhluk yang membutuhkan, apalagi jika manusia itu mempunyai permasalahan, manusia butuh sesuatu yang lebih tinggi dari kedudukannya, ibadah merupakan sebuah jalan (syariat) untuk mencapai hal tersebut.
Inilah yang dimaksud penulis, dimana ibadah hanya sebuah ritual yang biasa saja , orang awam menganggap Ibadah hanya sebuah ritual seperti shalat, puasa, zakat, haji, dan lainnya. Padahal ibadah dalam Islam sangat luas, apakah kita pernah mendengar senyum itu ibadah? tentu hal ini termasuk ini Ibadah. Dalam hal ini penulis mengambil pendapat dari Quraish Shihab. Menurut Quraish Shihab ibadah adalah sebuah ketundukan dan ketaatan yang berbentuk lisan dan praktik yang timbul sebagai dampak keyakinan tentang ketuhanan
 Dalam hal ini penulis juga mengambil pendapat dari Ibn Taimiyyah ketika menjelaskan ibadah adalah sebutan yang mencakup segala sesuatu yang disukai dan di ridahi Allah swt dalam bentuk ucapan dan perbuatan batiin dan lahir.
           Bahkan menurut Jafar Shaddiq seorang bisa dikatakan melakukan ibadah, jika memenuhi tiga kriteria yaitu pertama, Tidak menganggap apa yang berada dalam genggaman tangannya sebagai milik pribadinya, karena seorang abid tidak memiliki apa yang dia miliki. Kedua, segala aktifitasnya dia peruntukkan hanya kepada apa yang dia sembah, serta menjauhi segala laranngan-Nya. Ketiga, selalu mengingatkan segala keputusan kepada apa yang dia sembah, dan selalu berhartap restunya.
            Penjelasan-penjelasan ini menunjukkan bahwa ibadah merupakan jalan untuk menunjukkan cinta kepada Allah. Bahkan seorang manusia tidak akan bisa  berbuat apa-apa tanpa ada bantuan dari Allah. Karena pemilik dari semua manusia, bahkan semua makhluk milik Allah. Sehingga segala urusan kita harus melibatkan sang pemilik yaitu Allah.   

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article