Monday, May 20, 2013

Indonesia Bisa Menjadi Negara Gagal

    Setelah kemerdekaan 1945 Indonesia merupakan negara yang paling subur tanahnya, bahkan banyak orang luar yang sering melakukan penelitian tentang kesuburan tanah Indonesia. Bahkan jika diteliti, penjajah datang ke tempat kita ini karena rempah-rempah.
      Kita tidak perlu membicarakan kesuburan tanah Indonesia yang begitu indah, sekrang kita pindah pembicaraan mengenai lamanya Indonesia merdeka. Jika dihitung atau dikalkulasikan maka hasilnya maka Indonesia telah merdeka selama 68 tahun. Jika itu umur manusia maka Negara tersebut sudah menjadi tua bangka. Tapi jika dilihat dari umur pohon maka berarti itu pohon telah besar dan berakar kuat. Sekarang punilis mengibaratkan bahwa Indonesia laksana pohon yang artinya Indonesia sangat kuat dan kokoh tanpa goyangan manapun, jika ada sehelai daun yang jatuh dengan pohon yang berumur seperti itu maka itu tidak akan berarti apa-apa bagi pohon tersebut.
         Pada kenyataannya Indonesia tidak seperti pohon tersebut, Indonesia sangat rapuh, dan gampang terombang ambing jika ada krisis ekonomi. Inilah negara kita sudah 68 tahun merdeka tapi tidak ada perubahan yang besar terjadi.
          Moral bangsa kita semakin rusak, sebagai contoh saja kenakalan remaja, artis narkoba masih tetap eksis, artis penzina masih tetap eksis, bahkan slogan-slogan tidak jelas menjadi topik utama. Moral bangsa dimana ?.
          Indonesia semakin lama smakin tidak jelas, penulis hanya takut Indonesia menjadi negara gagal, dan gagal dalam segala bidang. Misalnya saja mental pejabat yang masih tergila-gila dengan uang, wanita dan kedudukan. Mental remaja yang masih mengandalkan kekerasan bukan kecerdasan, mental wanita yang masih suka hura-hura dibanding berjuang. Mental anak kecil yang suka main game saja. Pokoknya segala bidang telah rusak.
        Ditambah lagi generasi penerus bangsa ini tidak bisa lagi diharapkan, anak-anak muda hanya senang bermain musik daripada belajar. suka tawuran. Penulis merasa prihatin mengenai kondisi ini jangan sampai negara ini hanya merdeka di kertas tapi pada dasarnya belum merdeka di hati.
          Semoga tulisan ini mampu memberikan masukan bagi Indonesia yang telah colepse dalam bidang moral.   

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article