Tuesday, July 9, 2013

Ceramah Sayyid Saggaf bin Muhammad Aldjufri di Masjid Agung

               Ceramah ini penulis dapatkan ketika mengikuti Shalat Taraweh pertama di Masjid Agung Palu, secara kebetulan Sayyid Saggaf menjadi penceramah pada saat itu, kemudian ada beberapa hal yang penting disampaikan pada saat itu yaitu tentang kisah-kisah atau beberapa peristiwa yang terjadi pada bulan Ramadhan, dan ini menggambarkan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah.
           Pertama yaitu bulan ramadhan adalah bulan yang diturunkannya Kitab Suci al-Qur'an, bahkan semua kitab-kitab sebelum al-Qur'an diturunkan pada bulan tersebut. Kedua pada bulan Ramadhan terjadi pertempuran Badar, dan pada saat itu umat Muslim menang, padahal kaum Quraisy pada masa itu lebih banyak dari kaum muslimin. Ketiga, pada bulan Ramadhan terjadi Fathul Makkah, dan hal ini tergambarkan dalam Alqur'an pada Q.S al-Nasr ayat 1-3. Keempat pada bulan Ramadhan terjadi peristiwa tentang kemenangan Jabal Tariq pada saat itu kaum muslimin terdesak antara maju dan mundur, karena berkah bulan Ramadhan pada saat kaum muslimin yang dipimpin oleh Tariq bin Ziyad maju dan memenangkan pertempuran tersebut. Sehingga daerah tersebut dinamakan Jabal Thariq dan sekarang orang menyebutkannya Giblaltar, akan tetapi  semua itu hanya kenangan masa lalu.
          Kelima Sultan Salahudin al-Ayubi berhasil menaklukkan Andalusia di Spanyol dan berhasil membangun sebuah Universitas terbesar di Dunia pada saat itu. Keenam Presiden Mesir Anwar Sadat berhasil mengusir tentara Israel di Semananjung Sinai dan Israel pada saat itu lari dari Mesir dan akhirnya Semananjung Sinai berhasil menjadi milik Mesir, inilah ceramah singkat yang disampaikan Oleh Sayyid Saggar Aldjufri (ketua Utama Alkhairaat) dan bagi penulis itu bukan sekedar ceramah tetapi Ilmu yang besar bagi Umat Islam di Palu

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article