Friday, July 19, 2013

Mengapa Islam Menjadi Agama Terakhir

          Tema ini bukan bertujuan untuk melecehkan agama lain, akan tetapi penulis ingin berusaha menggunakan logika/ nalar manusia untuk menjawab hal tersebut. Kita ketahui bahwa di dunia ini ada tiga agama Samawi yaitu Yahudi, Kristen dan Islam.
             Tiga agama ini pernah eksis di kehidupan mereka masing-masing. Dalam kehidupan saat ini, Islam merupakan agama yang terbilang muda, jauh sbelumnya telah ada Nasrani dan Yahudi. Ketika Islam muncul yang dibawa oleh Nabi Muhammad banyak orang yang tidak percaya, kepadanya, bahkan ketika Nabi Muhammad menyebarkan agama ini banyak mencaci dia termasuk keluarganya sendiri.
            Tidak perlu berpanjang lebar mengenai penyebaran Islam, dalam hal ini penulis langsung ke topik utamanya ialah Islam menjadi agama terakhir. Ibarat kata neh, Setiap yang hidup pasti mati, setiap yang lama pasti ada yang baru pasti ada yang baru. Begitupun agama ini, Islam merupakan ajaran agama yang didalamya terdapat hukum-hukum yang bukan dibuat oleh manusia, akan tetapi langsung khalik.
             Adapun contohnya banyak sekali, kembali ke pembicarraan awal yaitu Islam menjadi pilihan, karena Umat Yahudi dan Nasrani telah selesai masanya. Ibarat generasi lama diganti dengan generasi tua.  Islam turun dengan membawa kitab al-Qur'an yang didalamnya terdapat semua tata cara pergaulan umat manusia. Pertanyaan yang paling mendasar apakah ada kitab yang bisa menandingin al-Qur'an?. Ini pertanyaan harus dijawab jika ada sekelompok manusia mengatakan saya mempunyai agama baru. Ini masih bagian pertama. .
            Bagian kedua, Islam adalah agama dibentuk atas dasar kasih sayang, bukan dengan jalan kasar. Karena seorang yang beragama maka hatinya akan lembut sesuai dengan agama yang dianutnya. Jika Islam mengajarkan kekerasan, maka hal tersebut bukan agama Islam.
          Akan tetapi banyak yang beranggapan bahwa Islam melakukan perang, maka hal tersebut dibenarkan, akan tetapi dalam konteks saat itu, dimana Umat Islam sering diganggu ketengangannya. Islam tidak akan melawan tanpa ada sebab. Itulah Islam yang penulis kenal.
         Tindakan jihad bukan sekedar untuk berperang melawan musuh kafir, akan tetapi jihad pada masa itu atas dasar perintah Allah. Pertanyaannya apakah ada perintah jihad untuk saat ini, ? Apakah ada tentu menurut penulis tidak ada, jika sekiranya ada maka hal tersebut hasil intepretasi masyarakat/ kelompok kecil saja.
          Dalam hal sosial Islam bisa masuk didalamnya, Islam telah mengajarkan tingkah laku kepada tetangga, anak kecil suami dan istri, segala bentuk sosial telah diajarkan Islam. Kemudian dalam hal makan dan minum Islam juga telah mengajarkan, dalam hal ibadah juga sama. Pertanyaannya mengapa Islam tidak diajadikan landasan kaum muslimin saat ini. Kebanyak orang muslim banyak melakukan tindakan, karena hasil nterpretasi mereka masing, bukan dari hasil kesepakatan bersama. Sehingga jangan heran jika Muslim di dunia ini berbeda-beda dalam memahami Islam, ada yang memahami dengan ibadah terus, ada yang memahmaniya dengan berjihad terus , ada juga yang memahaminya dengan berbuat baik saja. Padahal Islam tidak sesempit itu Islam luas, tinggal manusia saja yang memilihnya. Jadi Inilah alasan Islam menjadi agama terakhir wallahu a'lam bi sawab.
             

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article

Post a Comment