Monday, November 15, 2010

Jika Orang-Orang Indonesia Kaya, Mengapa Masih Banyak Orang Miskin

Melihat kondisi masyarakat yang terjadi akhir-akhir ini, sungguh ironis sekali, ketika terjadi bencana alam di mentawai dan yogyakarta dengan gunungnya. Semua orang-orang berbondong-bondong memberikan bantuan apakah ini ikhlas atau hanya sekedar pingin di akui di masyarakat, jika permasalahan keikhlasan penulis tidak akan membahasnya karena hal ini berurusan dengan sifat-sifat yang transenden.
Sungguh ironis jika kita lihat kota jakarta begitu banyak pemulung, belum lagi di kota-kota di luar Jakarta. Peristiwa mentawai dan yogyakarta mendeskripsikan bahwa Indoensia itu memang kaya, hanya saja mereka terlalu cuek terhadap lingkungan mereka, jika kita mengamalkan firman tuhan yang berbunyi " tolong-menolonglah kamu dalam kebaikan " maka akan terjadi saling mengisi si kaya mengisi si miskin dan yang miskin meonolong si kaya dengan tenaganya.
Contoh kekayaan yang paling nyata ialah kasus Gayus yang keluar dari penjara, bayangkan saja begitu banyak uang yang diberikan kepada penjaga penjara yang jumlah total 365 juta, jika uang ini diberikan kepada orang susah untuk usaha mereka niscaya kita tidak akan menemukan pengeamen di Jakarta. Padahal Gayus sudah dibekukan rekeningnya, akan tetapi masih banyak pengusaha yang menutup mulutnya dengan uang guna tidak membongkar semua kejahatan yang telah mereka lakukan di dunia perpajakan.
Sungguh sangat kaya Indonesia, ini, mereka sama sekali tidak sadar banhwa uang tidak di bawa mati, uang pun tidak di bawa ke akhirat, dan rumah mereka pasti akan di tinggalkan mengambil pendapat dari Syekh Ibn Athailah yaitu " Allah sengaja menciptkaan dunia ini sebagai tempat perubahan dan sumber kerusuhan, agar kalian merasa jemu di dunia" maksud dari perkataan Syekh ini adalah ketika menciptakan dunia ini Allah ta'ala menghiasinya dengan menyebar berbagai kenikmatan semu, dan berbagai kerusuhan di dalamnya. Itu semua dimaksudkan agar para hamba-Nya hanya bergantung padanya dan mengharapkan pertemua dengan -Nya setelah menyadari bahwa mereka hadapi merupakan dunia yang fatamorgana.
Bukti lain ialah Indoensia kaya ialah gaji pemain sinetron hingga ratusan juta, apakah artis itu 50 juta sehari aja nggak cukup, atau pemain bola, gajinya gubernus BI sampai ratusan juta, kemana sajakah uang itu ? sangat tidak mungkin dihabiskan dalam seharian kan ? apakah memang Indonesia ini kaya ? atau cuek ? begitu banyak orang yang hanya melampiaskan hawa nafsunya kita hanya sibuk menyibukan diri kita dengan pekerjaan tanpa ada melihat kebelakang , terdapat dalam hadits Nabi yaitu Lihatlah orang lebih rendah dari mu *maksunya rizkinya* jangan melihat orang yang lebih tinggi dari mu *rizkinya* karena jika kamu melihat orang yang di atasmu maka kamu tidak dapat mensyukuri nikmat Tuhan. jika kita amalkan hadits ini niscaya kita dapat menolong sesama manusia.
penulis sebenarnya tidak iri atau menghardik orang punya gaji besar jika sekiranya penulis ini mempunya gaji besar niscaya saya akan meonolong sebisa mungkin. Amin ya Rabb alamin. Ya Allah mudahkanlah hati-hati orang-orang yang kaya agar melihat kiri kanannya. Amin ya Allah

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article