Wednesday, November 24, 2010

Pentingnya Sebuah Bahasa

Terdapat seorang filosof yang mengatakan bahwa kehidupan ini hanyalah sebuah permainan bahasa. Apakah ini benar atau salah ? bagi saya ini sangat tepat sekali, walaupun penulis kurang banyak, akan tetapi penulis selalu berpikir mengenai kata-kata ini. Dan penulis bertanya apakah ada sesuatu hal yang kita tidak lakukan tanpa bahasa, tentu tidak ?
apabila kita sendiri melamun maka kita juga memerlukan bahasa, apabila ada konsep di pikiran kita, apabila kita ingin mengeluarkan maka kita perlu bahasa untuk mengutarakannya. Kita berjualan perlu bahasa, kita bercinta perlu bahasa, kita beribahad pun perlu bahasa.
Apabila kita ingin memperoleh sebuah ilmu dari guru kita maka kita perlu bahasa sebagai pengatar, jika kita pergi keluar negeri apakah yang kita gunakan, secara otomatis pasti bahasa, semuanya tidak terlepas dari bahasa.
Orang-orang di gunung pun yang kita anggap komunikasinya tidak bagus dan tidak beradab kadang-kadang, mereka juga menggunakan bahasa. sungguh ironis jika kita melihat jumlah orang yang mempelajari khususnya di Indoensia sangat lah sedikit kenapa bisa seperti ini apakah mereka tidak sadar tentang pentingnya sebuah bahasa.
Dengan bahasa semua orang bisa mencintai, semua orang bisa berumusuhan, bahkan bisa jadi sesat dalam sebuah agama jika sebuah kitab suci tidak dipahami dengan baik dan benar.
Bahasa adalah salah satu alat pemersatu salah satunya tertuang dalam sumpah pemuda, yaitu satu bahasa. dan semua orang bisa menjadi sangat marah apabila kita salah menggunakan bahasa. apalagi yang kita cari, kita harus bersungguh mempelajari bahasa mulai dari bahasa ibu, hingga bahasa internasional sehingga kita bisa saling mengerti antara satu sama lain dan tercipta kedamaian dunia.

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article