Monday, November 1, 2010

Hak Asasi Manusia

Banyak orang yang selama ini menggadang-gadangkan Hak asasi Manusia, apa seh sebenarnya Hak itu ? apakah Hak itu udah sifat alami manusia atau bukan ? atau hanya sekedar pemberian. Pada dasarnya hak itu memiliki lima unsur yaitu penerima hak, pemberi hak, hak itu sendiri, lembaga itu sendiri, dan unsur hak. dan sejarah hak itu sendiri berasal dari romawi dan beberapa revolusi negara, akibat ketidakadilan ini maka timbuil lah hak ?
yaitu hak yang isinya macam-macam baik itu berbicara, berdiskusi, memiliki harta, akibat dari pemikiran ini maka hak itu disepakati dan sampai sekarang kurang jelas maknanya, dan hal ini disandingkan dengan manusia. Akan tetapi hal ini menjadi serba salah karena setiap individu mempunyai haknya masing-masing-masing. dan menjadi ;lebih bahaya lagi jika setiap orang harus mengutamakan haknya masing-masing.
Hal ini sangat berbahaya sehingga ada perlu batasan hak itu sendiri dalam hal ini agama sebagai pengatur kehidupan manusia mesti perlu. Sehingga wacana yang timbul yaitu hak itu bertentangan dengan agama. Pada dasarnya Islam agama yang memberikan hak sesama muslim dalam porsinya masing-masing. misalnya manusia dibeerikan jabatan sebagai khalifah dan memberikan ssepenuhnya untuk mengatur alam ini. dan hak setiap muslim sama dimata Allah. jadi agama yang sangat mengatur hak yaitu Islam mulai dari hal yang kecil hingga yang besar

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article