Monday, May 9, 2011

Abdullah bin Abbas Bapak Mufasir Jilid 2

Abdullah bin Abbas adalah bapak tafsir yang wafat pada tahun 65 H atau 68 H, beliau adalah anak dari pama Nabi Muhammad saw. Beliau pernah menjadi Gubernur di Basrah dan selanjutnya menetap disana sampai Ali terbunuh.
jika kita ingin melihat tafsir Ibn Abbas maka kita cukup membaca tafsir yang berujudul Tanwir al-Miqbaa min Tafsir Ibn Abbas karya Abi Thahir Ibn Ya'qub beliau. Dalam karyana semua tafsir ibn Abbas telah disajikan dari al-Nas hingga al-Fatihah. beberapa kosa kata telah dijelaskan oleh Ibn Abbas.
Atau bisa juga kita melihat tafsir Ibn Abbas pada sohih Buhari disana lengkap dengan sanadnya yang terjamin keshahihannya. Bahkan Ibn Abbas menjadi tokoh utama dalam bidang tafsir.
Hal ini sangat wajar jika melihat sejarah, Ibn Abbas pernah didoakan oleh Nabi, bunyi doanya sebagai beikut " Ya Allah ajarkanlah kepadanya hikmah" dan doanya yang lain menurut versi Umar Ya Allah berilah ia pemahaman dalam urursan agama dan ajarkanlah kepada nya ta'wil"
Bahkan dikisahkan dari Mujahid bahwsanya Ibn Abbas jika menafsirkan suatu ayat terlihat cahaya dari wajahnya. Bahkan banyak Sahabat dan tabi'in yang merujuk kepada nya karena beliau adalah bapak mufasir yang mampu menafsirkan al-Qur'an seluruhnya tanpa perantara apapun dan bagi penulis merupakan intuisi yang didalam anugerah dari Nabi Muhammad saw.

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article