Monday, May 2, 2011

Abdullah bin Abbas Bapak Tafsir Jilid 1

Ibn Abbas atau dikenal Abdullah bin Abbas adalah seorang mufasir pada zaman Rasulullah yang sangat pandai dalam mengolah kata-kata al-Qur'an, telah ditiwayatkan bahwasanya Abdullah bin Abbas pernah didoakan oleh Rasulullah tentang pemahamannya tentang al-Qur'an. sehingga dia pernah dikatakan sebagai tarjuman al-Qur'an artinya terjemahan al-Qur'an.
Ketika beliau remaja Umar bin Khatab pernah membawa ke majlis pemuka-pemuka Agama, disitu Abdullah bin Abbas sangat muda, akan tetapi Umar menyuruhnya untuk menafsirkan al-Qur'an didepan orang-orang tersebut.
Bahkan dijelaskan dalam al-Itqan bahwa banyak beberapa sumber penafsiran al-Qur'an yang berasala dari Ibn Abbas, bahkan al-Qur'an itu tidak turun dengan satu bahasa akan tetapi banyak terdapat bahasa Himyar, Yaman, dan lain sebagainya, dan yang bisa mengetahui itu hanyalah Ibn Abbas.
Ibn Abbas pernah menjelaskan hukum puasa dalam Q.S al-Baqarah yang mengenai hukum puasa orang yang sedang sakit, menurut Ibn Abbas jika dia tidak mampu puasa maka dia disuruh untuk membayar fidyah.
Walaupun demikian Ibn Abbas tidak terlepas dari kritik beliau, mendapatkan kritik dari para Orientalis, para Orientalis mengatakan bahwa Ibn Abbas ini tafsirnya banyak mengandung Israiliyat dan banyak mengambil syair-syair Arab.
Tapi hal tersebut bisa dibantah oleh al-Anbari yang menjelaskan bahwa Ibn Abbas menggunakan syair Arab dikarenakan al-Qur'an banyak mengambil bahasa-bahasa Selain Arab sehingga jika Ibn Abbas memahami suatu ayat maka Syair bisa memudahkan untuk memahami ayat tersebut, dan hal tersebut tidak menghilangkan kesucian al-Qur'an sebagai kitab Umat Islam.
Dermikianlah tokoh mufasir kita kali ini untuk pertemuan selanjutnya saya akan menambahkan beberapa tafsir ayat yang ditafsirkan oleh Ibn Abbas

No comments:

Post a Comment

What is your opinion about this article